Sunday 5 January 2014

Your parents

    Content post ini gw buat berdasarkan perayaan hari ibu taon lalu dari suatu ceramah di sekolah minggu. Reminder gimana kita itu sering lupa menghargai orangtua. Yang sharing gw lupa namanya, dia masi 18 tahun tapi uda mandiri, kerja di salah suatu tv swasta gitu deh, mantap. 

    Of course klo ngomongin orangtua rasanya ga ada abisnya gimana kita bisa cerita soal kurangnya. Tapi yang kita lupa juga itu gimana kita menyadari sisi positifnya mereka yang karena kita sering terima akhirnya jadi kebal / mati rasa.

    Contoh simple waktu kecil dulu kita marah2 sama orang tua karena masalah krisis dunia dengan relevansi yang menyangkut keselamatan bumi. Atau ketika kita keluyuran ga ada kabar bikin orang tua khawatir terus pas pulang malah mereka yang kita marahin. 

    Mengurus dan menyayangi orang tua itu salah satu perbuatan yang paling baik. Nah disini si pembicaranya itu ngomong sesuatu yang kayaknya gw rasa bener banget, yang berasa kena gitu. Dia bilang setiap hari ibu, taon baru ato event tertentu dia lakuin tradisi buat *namaskara depan orang tua (sujud depan kaki orangtua).
*namaskara dalam agama budha itu posisi sujud menyembah gitu, dilakuin buat awal dan akhir kebaktian

     Terus dia kira2 ngomong "Temen-temen pulang nanti namaskara depan papa mama, menunjukkan rasa hormat dan sayang pada papa mama. Temen2 pilih mau namaskara sekarang ato nanti kalo udah ga bisa lagi, cuma bisa dilakuin depan peti mati, itu pun belum tentu bisa mungkin aja kita yang pergi duluan. Bayangin kalo hari ini hari terakhir orang tua kita ato hari terakhir temen2, apakah uda siap ? uda melakukan yang terbaik ? Setiap kesempatan lakuin yang terbaik, salah satunya menghargai orang tua
    
     Wew dalem ya omongannya ... dan dia baru umur 18 tahun, gw pulangnya juga sujud dpn orang tua, agak awkward of course tp gw rasa itu adalah hal yang baik so why not ..  ngajak bocah juga (dede gw). I'm not saying you should but you should understand this next thing well .. 

Ada 1 chinese philosophy yang menurut gw penting untuk kita sama2 tahu 
er (二 ) + ren ( 人) = tian ( 天)
    Huruf er itu artinya 2, ren itu orang, as you can see 2 huruf ini klo digabung jadi huruf tian yang artinya langit. Artinya orang tua adalah representasi dari Tuhan. Kalo taat beribadah, rajin berdoa tapi ga hormat sama orang tua itu percuma.

Respect and love your parents.  k ?
<3

No comments:

Post a Comment