Friday 7 March 2014

Survival guide : sidang skripsi

Waktu yang sudah ditunggu-tunggu datang ! (Ditunggu univ supaya kita mahasiswa cepet2 pergi .. haha).

Saatnya rakyat sipil mendapat penghakiman melalui sistem feudal apakah mereka layak untuk meneruskan perjalanan menuju ke barat mengambil kitab suci (ini sebenernya mau ngomong apaan sih ?!)

For me who supposedly graduate this year, i'm currently waiting for my thesis conference schedule to come out (jadwal sidang skripsi). My facebook walls are full with people graduating and take photos, i'm just sitting here waiting ...



Pembantaian
    Menurut kamus besar mahasiswa tahun 2014 edisi saya mau lulus, sidang skripsi itu pasti kebantai, bedanya adalah level terbantainya apakah cuma lecet, muntah darah atau sampe terbelah dua. Pembantaian bisa terjadi dalam 2 aspek yaitu konten dan mental, dikarenakan hal tersebut maka persiapan sematang telur harus dipersiapkan.


Kalo mentalnya kuat tapi kontennya ga nguasain itu keliatan confident tapi ketauan dodol, hasil = Terbantai.
Sedangkan kalo kontennnya uda kuat dikuasai tapi mentalnya cemen hasilnya = juga Terbantai.

Tentu dosen juga menjadi salah satu faktor utama yang mengintimidasi mahasiswa dalam sisi mental. So much you can do but unfortunatelly for this one, there's no escaping it buddy.


Solusi :
1. Persiapin penguasaan konten - Preparation
    Well of course, what do you expect. Kuasain yang dibuat, ga usah diapal mati yang penting intinya dimengerti. Lakukan jauh-jauh hari apalagi klo jadwal belum keluar. Baca-baca relax aja, sambil santai-santai tapi fokus. Supaya lebih yakin ada baiknya liat orang sidang juga sebelumnya, supaya ada gambaraan dan sebagai confidence booster.



2. Banyak berdoa, inget dosen juga manusia
     Faktor dosen bisa jadi yang paling ditakutin mahasiswa (mental). Padahal mestinya bisa tapi karena reputasi dosen yang terkenal kayak *Jason akhirnya nervous dan ga bisa jawab.
*Yang btw pegang pen aja bisa terlihat seperti pegang golok

Berharap dapet dosen baik sih boleh lah, tapi klo ternyata gak, ya siapin mental. Trust me when you get out of there, you are mentally stronger. Think of it as an exercise to upgrade your skill.

   Ketika didalem ruangan sidang nanti, sebaiknya jangan boong tapi juga jangan terlalu jujur karena kadang bisa ngegali lubang buat diri sendiri. Beberapa dosen mungkin mancing lu dengan jawaban lu sebelumnya jadi hati-hati menjawab.

Oh iya, JANGAN ngelawan dosen (ngotot) .. ga bakal menang, ada kasus di binus yang gw denger .. asisten lab yang jawabnya rada keras kepala pas di sidang kebetulan mungkin ketemu dosen yang agak galak akhirnya disuru keluar dan ga dilulusin ... hati-hati. Berargumen tetep boleh tapi yang sopan dan diplomatis.

The best things that you can do :
+ Jawab yang masuk akal dan sopan
+ Baca situasi, berani tahan pendapat dan tau kapan harus mundur
+ Percaya diri


3. Siap mental, bukan mental (arti : terbang)
Buat teman sebangsa procrastinator sama seperti gw .. INI BUKAN SAATNYA DIKEBUT SEMALAM.
1 hari sebelum sidang yang paling penting itu bukan belajar tapi TIDUR. The last thing you wanna do is becoming a Zombie because lack of sleep.
Rawr !
All you do is take a rest, showed up early the next day, hope for the best and just do what you gotta do. Sebelum masuk ruangan ada baiknya ya berdoa, tarik napas yang panjang, cuci muka atau apalah preparasi yang perlu dilakukan.


4. Makan banyak sayur dan berolahraga
Oke ga ada hubungannya, udah mulai ngaco gw. Tapi seriusan itu penting juga, jaga kesehatan  :3

  Basically sidang skripsi itu seperti sidang kasus kejahatan beneran, kalo lu jawabanya gugup ato ngasal ya pasti dibilang salah dan akhirnya bisa dipenjara. Kalo lu percaya diri dan tau apa yang lu omongin dengan bukti yang solid, ga ada satu orang pun yang bisa bilang lu salah.
- Gua -


Selesai sidang

It is work season bitches ! 

Time for the graduates to find job, inget cari kerjaan .. apply sebanyak mungkin karena biasanya reply dari employer itu mungkin makan waktu lama. Lebih bagus lagi disela-sela nunggu sidang ato di semester akhir uda cari-cari.

Foto-foto boleh lah (Mau pake tongsis juga boleh, keke) .. Yang univnya di Binus biasanya pasti foto didepan perpus tuh dideket pintu masuk yang warna temboknya orange. Speaking of which, you only get to take a photo there twice during your studies, pertama ketika baru masuk dan kedua ketika lulus. Lebih dari itu berarti lu aktif di organisasi ato super narsis. Hahaha

Good luck out there ~ !

No comments:

Post a Comment